Free Website Hosting SMK Negeri 1 Pagelaran, Cianjur: Edubuntu, Linux untuk Dunia Pendidikan

08 April, 2009

Edubuntu, Linux untuk Dunia Pendidikan

Sistem operasi Linux memiliki banyak pilihan untuk penggunanya. Inilah, yang dalam dunia Linux, disebut dengan distro. Apakah anda menginginkan keamanan, kestabilan sistem, atau sekedar Linux yang gampang digunakan, maka anda bisa memilih sesuka anda. Dan untuk lebih memasyarakatkan Linux, khususnya kepada para calon penggunanya (baca : Anda !!), maka kami akan mencoba membuat review distro-distro yang bisa kita jadikan pilihan, sebagai alternativ sistem operasi di PC kita.
Untuk review kali ini, kami akan menghadirkan sebuah catatan singkat tentang distro Edubuntu. Edubuntu adalah nama salah satu distro Linux. Ia merupakan varian (atau turunan) dari distro “besar” Ubuntu. Edubuntu sendiri adalah sebuah distro yang dibuat khusus untuk dunia pendidikan. Ia bisa digunakan unutk memenuhi kebutuhan dunia pendidikan, khususnya komputer, mulai dari TK, SMA, hingga perguruan tinggi, bahkan bisa juga digunakan untuk pendidikan non formal. Edubuntu juga cocok bagi mahasiswa dan orang dewasa (khususnya bagi staff IT di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya), yang ingin menggunakan Linux untuk mempelajari beberapa hal, termasuk mempelajari Linux itu sendiri.

Distro ini pun memiliki berbagai kelebihan, yang tentu saja dapat menguntungkan para penggunanya. Setidaknya, ada lima (5) keuntungan yang dapat penulis rangkum dari berbagai sumber. Yaitu, pertama, Edubuntu memiliki sangat sedikit spam dan virus. Mungkin bisa dikatakan tidak ada. Selain itu, karena sifatnya yang multiuser, membuat pengguna nyaman tanpa terganggu pihak lain.

Kedua, Edubuntu sangat mudah dikelola dan juga sangat mudah disesuaikan (customizes).

Ketiga, dengan menggunakan Edubuntu, belajar dengan menggunakan media komputer merupakan hal yang sangat murah karena Edubuntu berkomitmen untuk memberikan sistem operasi ini gratis tanpa biaya sedikit pun.

Keempat, Edubuntu didukung sepenuhnya oleh Ubuntu dan komunitas besarnya. Dukungan ini berupa terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa lokal, termasuk bahasa Indonesia, hingga dukungan akses terhadap perangkat lunak yang dikembangkan oleh komunitas dan dikhususkan untuk pendidikan.

Kelima, dengan motonya “Linux for Young Human Beings” membuat varian Linux ini akan terus mengembangkan teknologi bagi pendidikan yang akan selalu menjadi kebutuhan setiap pelajar di dunia ini.

Kelebihan-kelebihan yang terdapat pada distro Edubuntu tersebut terangkum pada kumpulan aplikasi yang ada di dalamnya. Karena Edubuntu memang distro khusus yang diperuntukkan bagi dunia pendidikan, maka aplikasinya pun erat berhubungan dengan dunia pendidikan, yang terkumpul dalam Education Applications. Tim Edubuntu mengelompokkannya menjadi lima bagian yaitu :

* Sains : Kstars dan Kalzium
* Matematika : K bruch, Kig, KmPlot, dan KPercentage.
* Bahasa : KHangMan, KMessedWords, Kverbos, dan KvocTrain
* Lain-Lain : KTouch, K Turtle, dan K WordQuiz.
* Alat bantu pendidikan (tools) : KEduca dan KEduca-Editor.

Selain aplikasi pendidikan, Edubuntu pun memaketkan, dalam CD instalasinya, game-game yang juga berhubungan dengan dunia pendidikan. Sehingga, khususnya bagi yang memiliki anak kecil, sahabat dapat mengenalkan dunia pendidikan (komputer/Linux) sedini mungkin kepada anak.

Diharapkan, setelah membaca review singkat ini, sahabat tertarik untuk mencoba distro yang satu ini, baik untuk keperluan pribadi, maupun untuk lembaga pendidikan. Percaya atau tidak, dengan Edubuntu, belajar akan menjadi semakin menyenangkan. Saya sudah mencoba sahabat, sekarang, ini giliran anda !!! Go Open Source Go !!!

disadur dari:
http://www.wagos-2008.co.cc/2008/08/edubuntu-linux-untuk-dunia-pendidikan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Free Website Hosting
Blogger Indonesia

Danu